Kamis, 25 Agustus 2016

Daerahku

"Simeulue Ate Fulawan", begitulah kira-kira sebutan untuk pulau ku tercinta, yang artinya Simeulue berhati emas. Pulau simeulue merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Aceh, .

Pulau Simeulue berada di sebelah barat daratan Aceh. Dulunya kepulauan ini masuk dalam Kabupaten Aceh Barat lalu mandiri dalam kabupaten sendiri, Kabupaten Simeulue, yang resmi berdiri pada tahun 1999.Simeulue memiliki kekayaan diantaranya kekayaan ternak, kekayaan hutan, kekayaan laut dan juga pariwisata. Salah satu kekayaan simeulue di bagian masing-masing adalah Kerbau merupakan hasil ternak, cengkeh dan pohon karet hasil dari hutan , kemudian hasil laut yangpaling terkenal yaitu  Lobster, dan juga tidak ketinggalan pemandangan pantai-pantai yang ada d simeulue, sudah menjadi tempat favorit bagi para wisatawan asing dari luar negeri.
                                                                                                                                                                                                                
Image result for gambar lobsterImage result for gambar surfing di simeulue




Budaya
Masyarakat Simeulue mempunyai adat dan budaya tersendiri berbeda dengan saudara-saudaranya di daratan Aceh, salah satunya adalah seni Nandong, suatu seni nyanyi bertutur diiringi gendang tetabuhan dan biola yang ditampilkan semalam suntuk pada acara-acara tertentu dan istimewa. Terdapat pula seni yang sangat digemari sebagian besar masyarakat, seni Debus, yaitu suatu seni bela diri kedigjayaan kekebalan tubuh terutama dari tusukan bacokan pedang, rencong, rantai besi membara, bambu, serta benda-benda tajam lainnya, dan dari seni ini pulalah para pendekar Simeulue acap diundang ke mancanegara. di bawah ini salah satu adat dan budaya simeulue yaitu Nandong.





Makanan khas

Makanan spesial unik dari simeulue terbuat dari sagu dinamakan Tabbaha longon ada juga namanya tabbaha loyang yang biasanya dijadikan santapan ringan saat menikmati secangkir minuman kopi atau teh manis disiang hari,tabbaha sendiri di olah dengan menggunakan bahan dari sagu yang telah di keringkan kemudiaan di campur dengan kelapa ada juga yang di aduk dengan pisang yang dimasak dengan cara di gonseng enaknya makan yang unik tabbaha akan terasa di ujung lidah rasa pisangnya lebih dari itu walaupun sedikit kita makan tabbahanya akan membuat anda terasa berat dan kenyang.  Adapun delapan jenis makanan tersebut adalah sinotong balanak, gulai ulun tafe, gulai asam pedas ikan karang, sambam ikan minyak, gulai ikan marang. Sedangkan jenis makanan, sebagai pengganti dari bahan sagu, seperti masakan sanggal batoux, martabak tabbaha dan tabbaha longon. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar